Kamis, 10 Januari 2013

BAB 11


PERANAN KOPERASI


Peranan Koperasi Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar dibagi menjadi 2, yaitu :

1             .      Pasar dengan persaingan sempurna
           Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
a.       Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
b.      Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
c.       Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
d.      Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna

2             .      Pasar dengan persaingan tak sempurna, yaitu :
a)        Monopsoni
 Banyak penjual atau pengusaha tetapi hanya ada satu pembeli
b)        Persaingan Monopolistik
Ciri-cirinya koperasi dalam Pasar Monopolistik :
·          Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam produk yang dihasilkan tidak homogen
·         Ada produk substitusinya
·         Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
·          Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
c)      Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar.
‰ Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.

Untuk menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu dan bentuk produk. 

• Penawaran Harga yang bersifat Predator
 
• Price Leadership : oleh Perusahaan dengan Biaya Terendah


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar